Selasa, 16 Oktober 2012

Sensor Ultrasonic SRF05

Sensor Ultrasonik

         Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz. Hanya beberapa hewan, seperti lumba-lumba menggunakannya untuk komunikasi, sedangkan kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Dalam hal ini, gelombang ultrasonik merupakan gelombang ultra (di atas) frekuensi gelombang suara (sonik).

        Ultrasonic sensor (juga dikenal sebagai mengirim dan menerima) bekerja pada prinsip yang mirip dengan radar atau sonar yang mengevaluasi atribut target dengan menginterpretasikan gema dari radio atau gelombang suara masing-masing. Sensor ultrasonik menghasilkan gelombang suara frekuensi tinggi dan mengevaluasi gema yang diterima kembali oleh sensor. Sensor menghitung interval waktu antara pengiriman sinyal dan menerima gema untuk menentukan jarak ke obyek.
 
          Teknologi ini dapat digunakan untuk mengukur: kecepatan dan arah angin (anemometer), kepenuhan tangki dan kecepatan melalui udara atau air. Untuk mengukur kecepatan atau arah perangkat menggunakan detektor ganda dan menghitung kecepatan dari jarak relatif terhadap partikulat di udara atau air. Untuk mengukur jumlah cairan dalam tangki, sensor mengukur jarak ke permukaan fluida. Aplikasi lebih lanjut meliputi: humidifier, sonar, medis ultrasonografi, alarm pencuri dan non-destruktif pengujian dan lain sebagainya.

         Dengan mengubah energi listrik menjadi suara, kemudian setelah menerima echo mengubah gelombang suara menjadi energi listrik yang dapat diukur dan ditampilkan. Teknologi ini dibatasi oleh bentuk permukaan dan kepadatan atau konsistensi material. Misalnya busa di permukaan cairan dalam tangki bisa mendistorsi bacaan.

Ultrasonik SRF05
Gambar: Pin Connection SRF05


Gambar : Timming Diagram

Hasil Percobaan :


Video :


Video percobaan ultrasonic srf05

Listing Program : klik disini

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar