Minggu, 11 Maret 2012

Membuat Sistem Security Menggunakan PIR

 Sensor PIR

      Sensor PIR (Passive Infra Red) disebut juga dengan Motion Sensor, Pressense Detector.Sensor ini bersifat pasif atau hanya menerima. Sensor ini menerima sinyal infrared yang di pancarkan suatu objek (dalam hal ini tubuh manusia) yang di bandingkan dengan suhu ruangan. Oleh karena itu sensor ini lebih banyak digunakan di dalam ruangan karena bila diluar ruangan (outdoor) perubahan suhu yang terjadi tidak hanya dari panas tubuh manusia, bisa juga dari cuaca. Namun saat ini sudah banyak produk dari sensor ini yang aplikasinya bisa di gunakan di luar ruangan, biasanya setelanya berbeda dari yang indoor type, selain mendeteksi perubahan suhu ruang karena panas tubuh, sensor ini juga mendeteksi gerakannya.

     Aplikasi sensor ini banyak di gunakan untuk Security System, Lighting Control System dan Pintu Otomatis. Secara umum penggunaan PIR untuk aplikasi tadi hampir sama. Namun sensor PIR untuk keperluan security system dibutuhkan sensor yang lebih akurasi dalam mendeteksi. Untuk keperluan security system sensor ini di gunakan untuk mendeteksi adanya gerakan manusia di suatu ruangan atau area, sehingga sensor akan menghidupkan alarm sistem bila PIR mendeteksi kehadiran seseorang di ruangan tersebut.

 Membuat alarm sederhana menggunakan modul PIR


gambar PIR modul

Hardware:

Skematik



Gambar bentuk fisik rangkaian

Gambar PIR modul pada jendela
Catatan :
Pada modul pir terdapat H dan L, ini merupakan data/ouput dai pir, bisa memilih tergantung aplikasi yg dibuat.
H = bisa berulang-ulang
L= tidak bisa berulang-ulang

Download datashet modul PIR


Video
Alif Terdeteksi Oleh Sensor PIR


2 komentar:

Faizal mengatakan...

mas ini pake listing program lagi?? kalo ada minta dong :D penasaran nih tadi udah liat videonya di youtube kayanya seru tuh

ajarin dong mas detailnya..

Rouhillah mengatakan...

ini tdk pakai program,,,cman switching transistor.

Poskan Komentar